Riview Debian Squeeze

on Senin, 21 Maret 2011


Setelah sekian lama terbiasa dengan ubuntu, akhirnya punya kesempatan untuk mencoba debian squeeze. Awal mula waktu iseng download Linux Mint Debian Edition (LMDE) dan kemudian saya burning di CD. Meskipun setelah itu saya biarkan begitu saja (karena waktu itu masih nyaman pakek ubuntu :D). Tiba-tiba "taaraaaa" muncul keinginan buat testing, dan jujur waktu itu saya terkesan dengan kestabilan dan ringannya :D, meskipun LMDE berbasis Debian yang belon stabil (CMIIW) tapi (menurut saya) LMDE masih lebih stabil dibanding ubuntu (saya pakek 10.04.2). Dan berjalan beberapa waktu saya lumayan nyaman menggunakan LMDE, tapi waktu itu situs debian.org sedang down jadi gak bisa download software :((, akhirnya balik lagi ke Ubuntu :D.


Dari situ keinginan untuk makek debian timbul, dan tak lama kemudian si squeeze muncul :D. Tapi waktu itu bimbang juga karena mesti download DVD atau CD yang jumlahnya banyak. akhirnya ada pencerahan kalau bisa menginstall hanya dengan 1 CD. Meskipun dengan konsekuensi software2 pendukungnya download sendiri. Tapi toh tidak apa2 wong di ubuntu juga gitu prinsipnya. Akirnya saya mendownload iso versi CD nya disini. Dan Alhamdulillah kelar juga downloadnya. Tibalah waktunya untuk mencicipi, karena tidak suport live CD jadi saya mesti install di hardisk dulu. Tahap2 install agak beda dengan ubuntu. Dan dengan jurus "nekat" alhamdulillah bisa juga install debian ini tanpa kendala yang berarti.

Kesan Pertama

Performa
Ringan banget, si squeeze ini waktu baru pertama nyala (tanpa compiz) makan RAM sekitar 65 an mb, cukup ringan lah menurut saya.


Tampilan
Sederhana banget :D, tapi tidak begitu masalah buat ane gan kan bisa didandani :D

Aplikasi
Hanya menyertakan aplikasi yang minimalis banget :D, office, network, wvdial gak ada :((


Ehm apalagi ya, pokoknya ane jatuh cintrong dah ama si debian ini :D.....
kalo penasaran langsung saja coba gan debian ini, insyaAllah gak nyesel deh....


oiya gan ini yang penting berhubung setelah intstall belum ada network manager ataupun wvdial nya berikut ini saya sertakan paket wvdial beserta dependenciedsnya, untuk perlengkapan awal :D

libpcap0.8

libwvstreams4.6-extras
libuniconf4.6
ppp
libwvstreams4.6-base
wvdial

setelah download jadikan file2 diatas ke dalam 1 folder
installnya
1. masuk ke root
su masukkan pasword
2. masuk ke direktori diatas
cd /direktori/anda
3 install
dpkg -i *.deb


sekian sedikit riview dari saya....

semoga bermanfaat untuk agan semua...

dan mohon dikoreksi jika ada kesalahan :D

Ranking: 5
Comments
0 Comments
 
© Geazzy Corner All Rights Reserved