Chat Facebook di Pidgin

on Jumat, 25 Februari 2011

Setelah menginstall pidgin sekarang watunya untuk mengkonfigurasi agar pidgin bisa untuk chat di fb. Jadi kita bisa chat meskioun tidak sedang membuka browser. Kelebihan yang lainnya adalah koneksinya cenderung lebih stabil daripada chat di browser. Tapi ada kekurangan yaitu tidak bisa melakukan conference :((. Langsung saja berikut ini langkah-langkah menyetingnya :)


1. Buka pidgin pilih account >> manage account >> add
2. Pada tab basic isikan
protocol : facebook (XMPP)
username : gunakan facebook username anda (bisa dilihat di profil akun fb anda >> http://www.facebook.com/username/)
domain : chat.facebook.com

Resource : chat.facebook.com

password : password Facebook anda



semoga bermanfaat :)

Mengganti logo start di ubuntu

Untuk mengganti logo start di ubuntu berikut ini langkah-langkahnya.

1. siapkan gimage yang akan dijadikan logo start (saya menggunakan format *.png)
2. Buka terminal ketikkan gconf-editor

3. kemudian cari >> /apps/panel/objects/object_0 kemudian bubuhi centang pada value "use_custom_icon" kemudian isi value "custom_icon" dengan alamat penyimpanan gambar.
contoh : /home/geazzy/Pictures/start-here-depressed.png

berikut ini hasil tangkapan layar milik saya


oke sekian sedikit tips dari saya...
semoga bermanfaat :D

Tips mengatasi Ubuntu Hang GUI atau desktopnya nya

Biasanya apabila ubuntu mengalami hang yang hang adalah GUI atau desktopnya (karena linux GUI dan systemnya terpisah) dan jarang sekali saya mengalamin hang systemnya (seingat saya malah tidak pernah). Biasanya saya mendeteksi dengan menekan tombol numlock ataupun dengan musik yang masih berputar tapi kursor desktop saya tidak mau digerakkan. Dan ketika PC saya mengalami hang saya selalu merestart dengan cara yang ekstrem yaitu dengan menekan tombol powernya. Hal itu saya lakukan karena tidak tahu ternyata ada cara untuk merestart yang tokcer :D.


Baikalah berikut ini adalah caranya
tekan dan tahan tombol Ctrl + Alt + Print Screen di keyboard anda.
kemudian tekan tombol R - E - I - S - U - B secara berurutan (Ctrl + Alt + Print Screen masih tetap di tekan dan ditahan)


sekian tips dari saya

semoga bermanfaat :)




Ilmu itu baiknya ditulis

on Rabu, 23 Februari 2011

Weh judulnya agak berat nih kayake :D. Sekedar sharing aja sih sebenere, berhubung saya orangnya agak gampang lupa jadi kalo ada sesuatu yang baru saya tahu itu memang baiknya saya tulis. Tapi kadang lupa juga buat nulisnya jadinya suatu waktu kalo dibutuhin mesti belajar lagi dari awal :((. So berangkat dari pengalaman itulah mungkin emang baiknya ilmu itu ditulis. Maka dari itulah saya berusaha menyempatkan untuk menuliskan sedikit coretan-coretan saya disini :).




Sehingga kalo lain waktu saya lupa bisa ubek-ubek ntuh catatan lama :D. Dan juga semoga bisa bermanfaat buat rekan-rekan yang lain....


Install pidgin terbaru nyok :D

Buat rekan-rekan yang mau install pidgin terbaru silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :

Tentunya harus merapat ke terminal terdekat terlebih dahulu :D
kemudian ketikkan perintah-perintah berikut ini

sudo add-apt-repository ppa:ferramroberto/pidgin
sudo apt-get update
sudo apt-get install pidgin


Semoga bermanfaat :)


Facebook smiley shortcuts

Bagi yang bingung (termasuk saya) apa aja sih shortcut untuk memunculkan smiley di chat facebook. Dan akhirnya setelah saya mencari di google akhirnya dapet juga....
Langsung saja tanpa perlu panjang lebar mari kita hapalkan shortcut2nya beikut ini (kayak ulangan sekolah aja dihapalkan).






semoga bermanfaat


Software apa saja yang saya install setelah melakukan install ulang ubuntu

Software-software berikut ini adalah software yang biasa saya install setelah saya melakukan install ulang. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut (semoga ndak ada yang kelupaan)


non-free-codecs
audacious
audacity
gparted
wammu
gimp
inkscape
k3b
wine
ubuntu-tweak
bleachbit
pidgin
google-chrome
xfce4-notes
openshot
vmware




mungkin itu dulu, insyaAllah kalo ada perubahan ane tambah lagi :)

Mencoba Ubuntu Lucid 10.04.2

Tanggal 17 Pebruari kemarin adalah rilis edisi ketiga untuk ubuntu lucid LTS setelah rilis yang pertama 10.04 kemudian diikuti 10.04.1 (lihat jadwal rilisnya). Ubuntu 10.04.2 ini telah mengalami perbaikan bugs-bugs dari pendahulunya.

Alhamdulillah meskipun dengan koneksi seadanya kelar juga donlodnya, trus langsung deh dicicipin :), sekalian install ulang karena ngerasa udah agak berantakan dan berharap jadi agak rapi setelah install ulang. So far alhamdulillah gak ada masalah, kerasa lebih ringan dan stabil :). Buat yang penasaran pengin nyobak silahkan download dimari gan :D


ini skrinsutnya gan :)



Tapi sekarang kayake saya lebih seneng makek versi yang LTS, meskipun kadang pengin juga nyoba yang baru2 :D. Tapi gakpapalah seenggaknya dapet suppert paling enggak sampai 2013 :D.


Yups sekian coretan saya, semoga bermanfaat... aamiin :)




Install Wine 1.3.13

on Jumat, 18 Februari 2011


Kalo dipikir-pikir lumayan cepet juga wine nambah versinya :D. Tapi itu malah bagus untuk perkembangan open source ke depannya. Dan gak kerasa versi 1.3.13 udah rilis. Buat agan-agan yang pengin install berikut ini adalah mantra-mantranya :)

1. Masuk ke terminal aja ya gan biar lebih simple :D

2. ketik sudo gedit /etc/apt/sources.list

copykan teks berikut ini

deb http://ppa.launchpad.net/ubuntu-wine/ppa/ubuntu lucid main
deb-src http://ppa.launchpad.net/ubuntu-wine/ppa/ubuntu lucid main


ket : sesuaikan dengan ubuntu yang anda pakai disini saya memakai lucid (yang saya tebali di atas)

setelah selesai jangan lupa disimpan :)

3. ketik sudo apt-get update
4. ketik sudo apt-get install wine1.3


oke wine sudah bisa dinikmati :D



semoga bermanfaat :)

Install LibreOffice di Ubuntu




Buat agan-agan yang mau menginstall libre office di ubuntu atau linux mint kesayangannya silahkan terapkan mantra-mantra berikut ini di terminal terdekat :)


sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install libreoffice


langkah selanjutnya sudo apt-get install libreoffice-gnome


semoga bermanfaat :)

REKOR!!! Pertandingan Sepak Bola Selama 35jam, Skor Akhir 333-293

Pagi ini ane jalan-jalan di kaskus gan. Eit nemu trit tentang rekor pertandingan sepakbola. Pertandingannya berjalan selama 35 jam. Permainan sepakbola ini berakhir dengan score 333-293.Banyak bener ya gan :D



Pasti capek bener kayaknya maen bola ampek 35 jam :D.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menuju ke Te Ka Pe

Mari kita bantu demi kelangsungan open source

on Kamis, 17 Februari 2011

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih buat rekan semua yang mau menyempatkan diri untuk membaca oret-oretan saya ini :D. Yups langsung saja ke topik masalah, tidak dipungkiri bahwa dana untuk mengembangkan proyek open source itu sedikit atau bahkan minim :D (CMIIW). Meskipun ada juga beberapa yang sudah bisa mendapatkan profit yang lumayan :D. Trus demi kelangsungan open source tercinta ini gan sudah selayaknya kan kalau kita sebagai penggunanya membantu :D.



Salah satu cara yang sangat sederhana adalah memanfaatkan fasilitas searching browser :D.
Loh kog bisa membantu?? yaps karena dengan begitu search engine akan memberikan profit ke browser + OS nya (disini saya memakai linux mint dan terlihat dengan jelas di hasil pencarian ada logo linux mintnya :D). Meskipun saya belum mendapatkan artikel yang menyebutkan linux mint dapet profit dari SE nya tapi kalo ngelihat darimana saja pemasukan browser kayake dapet deh gan :D (CMIIW)


yups sekian unek2 saya pagi ini...
semoga bermanfaat...

dan semoga open source tambah maju :D


Blog ini Doffolow

Rasanya sudah lama saya tidak ngeblog, dan hari saya memulainya dengan merubah coment di blog ini dari nofollow menjadi dofollow, semoga hal ini bisa membuat saya semangat lagi untuk menulis.....aamiin :)

Dan yang penting semoga bisa bermanfaat untuk kawan-kawan dan saya sendiri (untuk mau lebih belajar dan saliung berbagi lagi :D).

Sekian saja coeratan-coretan saya untuk kali ini....







Instalasi Ubuntu

on Jumat, 04 Februari 2011

Untuk teman-teman yang bingung dengan cara menginstal linux, berikut ini mungkin bisa untuk dijadikan sedikit tutorial bagaimana sih cara menginstal linux itu :D. Jangan khawatir InsyaAllah mudah kog. Tapi sebelum menginstal linux saya sangat menyarankan untuk melakukan back up data terlebih dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan data (tapi saya termasuk orang yang jarang melakukakan back up data saat instal :D), Ya meskipun kalau hilang bisa bisa dikembalikan dengan cara yang ada disini. Namun tidak ada salahnya kan kalau kita mencegahnya :D.



Petunjuk instalasi ubuntu ini dalam bentuk file pdf hasil tulisan dari temen2 Forum Ubuntu Indonesia), enak kan malah bisa disimpan di flashdisk syukur-syukur dibagikan ke teman untuk promosi :D. InsyaAllah gak nyesel kog makek linux gak ribet ngurusin virus, gak harus beli, itu hanya beberapa diantara keuntungan makek linux lo :D.

Baiklah tidak perlu panjang lebar langsung saja silahkan download tentang cara instalasi ubuntu disini.

Oiya kalau ingin membaca-baca cara menginstal software di ubuntu silahkan berkunjung disini :D, atau yang pengin tau tentang perintah linux silahkan mampir disini :D.


Semoga bermanfaat :)


artikel yang lain : perintah linux | mengembalikan data


 
© Geazzy Corner All Rights Reserved