Inilah Jawara Indonesia Open Source Award 2010

on Selasa, 03 Agustus 2010

Jakarta - Indonesia Open Source Award (IOSA) 2010 merupakan suatu ajang pemberian penghargaan kepada instansi-instansi pemerintah, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota, yang telah memulai pelaksanaan proses migrasi dan implementasi open source software di instansinya masing-masing.

Penghargaan ini diberikan melalui serangkaian penilaian dan pengamatan di berbagai instansi pemerintah mengenai sejauh mana tingkat pemanfaatan dan pengimplementasian open source software dalam aktivitas organisasi mereka.

Penyelenggaraan IOSA 2010 ini merupakan suatu kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI), serta Komunitas-komunitas Open Source.

Berdasar keterangan tertulis yang diterima detikINET, Kamis (29/7/2010) berikut adalah daftar pemenang IOSA (Indonesia Open Source Award) 2010:


A. Kategori Kementerian/Non Kementerian

Juara I : KEMENTERIAN PERTAHANAN, dengan keunggulan antara lain berhasil mengoptimalisasi anggaran dalam penggunaan Open Source Software.
Juara II : SEKRETARIAT NEGARA, dengan keunggulan antara lain pengembangan aplikasi khusus untuk sekretariat negara
Juara III : BADAN PENGAWAS TENAGA NUKLIR, dengan keunggulan antara lain memiliki kebijakan yang jelas, komitmen kuat, strategi dan implementasi yang baik.

Pemenang Khusus :
KEMENTERIAN KEHUTANAN, dengan keunggulan pengembangan alikasi khusus GIS.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL, dengan keunggulan sukses migrasi ke Open Source Software di pusat dan infrastruktur jaringan.
KEMENTERIAN SOSIAL, dengan keunggulan pengembangan aplikasi khusus tunanetra.

B. Kategori : Kabupaten/Kota

Juara I : KABUPATEN JEMBRANA-BALI, dengan keunggulan antara lain inovatif dalam integrasi dan pemanfaatan Open Source Software, serta menerapkan penegakan HaKI.
Juara II : KABUPATEN SRAGEN-JAWA TENGAH, dengan keunggulan antara lain memiliki aplikasi Open Source Software sudah diuji dan didaftarkan sebagai produk HaKI.
Juara III : KABUPATEN ACEH TENGAH-NAD, dengan keunggulan antara lain optimalisasi anggaran dan SDM untuk migrasi ke Open Source Software.

Pemenang Khusus :
Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan keunggulan sukses implementasi Open Source Software dalam pelayanan masyarakat bidang kesehatan.
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dengan keunggulan sukses implementasi Open Source Software di bidang pengolahan data elektronik.
Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dengan keunggulan sukses dalam strategi dan perencanaan.
Kabupaten Klungkung, Bali, dengan keunggulan sukses implementasi di bidang pendidikan.
Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan keunggulan sukses dalam membangun kerjasama dengan komunitas
Kota Pekalongan, Jawa Tengah, dengan keunggulan sukses dalam pengembangan kemitraan.
Kota Surabaya, Jawa Timur, dengan keunggulan sukses dalam membangun komitmen.

C. Kategori SLTA 1. MA Alhikmah 02, Brebes (Juara 1)
Memiliki dukungan pada komunitas yang baik, walau memiliki anggaran terbatas, tetapi disiasati dengan perencanaan yang matang dan baik.

2. SMK PGRI 3 Malang (Juara 2)
Memiliki prosentase siswa yang menggunakan Open Source Software sangat tinggi. Dengan konsistensi pelaksanaan kebijakan, serta memiliki dukungan komunitas yang sangat baik.

3. SMA IT Nurul Fikri (Juara 3)
Memiliki kebijakan implementasi dan migrasi yang baik dan didukung dengan anggaran untuk melakukan proses implementasi dan migrasi yang cukup besar.

4. SMA Muhammadiyah Waleri (Special Mention)
Didukung anggaran yang cukup besar untuk proses migrasi, sehingga
dapat menerapkan rencana kerja yang cukup solid.

5. SMKN 2 Pekan Baru (Special Mention)
Memiliki rencana kerja yan baik, walau saat ini presentase pengguna masih rendah tetapi dengan perencanaan yang baik, memiliki masa depan yang baik.
( fw / wsh )


Sumber http://www.detikinet.com/read/2010/07/29/072028/1408941/398/inilah-jawara-indonesia-open-source-award-2010/?i991101105



artikel yang lain : perintah linux | mengembalikan data | instalasi ubuntu

Ranking: 5
Comments
2 Comments
 
© Geazzy Corner All Rights Reserved