Reload Repo tanpa perlu koneksi internet

on Kamis, 28 Januari 2010

Kebutuhan koneksi internet untuk linux memang tergolong besar. Tapi bukan menjadi masalah yang besar ketika harus tanpa koneksi internet atau yang miskin benwit (seperti saya ini tentunya :D). Tapi karena kesulitan-kesulitan itulah yang terkadang bikin kita sedikit lebih kreatif. Ok back to topik 'Reload Repo tanpa perlu koneksi internet' --> maksudnya adalah mereload paket-paket yang ada di repo atau synaptic (ntu lho yang biasa dilakukan dengan perintah 'sudo apt-get update' atau pencet 'reload' di synaptic) nah udah ngerti kan maksud saya :D. Sebelum di sudo apt get update atau reload kan paket-paket yang ada di synaptic sedikit, beda ama yang udah di reload jadi ribuan paket yang siap di unduh (download -red).

Langsung saja persiapkan alatnya yaitu komputer milik teman atau tetangga dengan sistem operasi ubuntu yang sama dengan milik kita (misal "jaunty dengan jaunty" atau "karmic dengan karmic") yang sudah di di sudo apt-get update atau reload via synaptic (supaya yakin kalau sudah di sudo apt-get update buka synapticnya kemudian lihat berapa banyak paket yang tersedia, biasanya 20.000 paket lebih). oh iya jangan lupa media penyimpanannya (flasdisk -red). Kemudian (di komputer yang sudah di sudo apt-get update atau reload via synaptic) masuk ke folder /var/lib/apt kemudian copy folder list ke flasdisk kesayangan anda. Kalau muncul Error while copying "lock" klik skip. Setelah proses pencopian selesai cabut flashdisk anda :D.

Sekarang menuju ke komputer kesayangan masukkan flasdisk anda dan tekan alt + F2 ketik gksu nautilus (untuk masuk ke mode root). sekrang copy folder list anda tadi kemudian paste di /var/lib/apt kemudian klik replace to all. Sekarang coba buka synaptic anda..

Semoga bermanfaat :)



Ranking: 5
Comments
2 Comments
 
© Geazzy Corner All Rights Reserved