Polisi Perancis Hemat 50 Juta Euro Berkat Ubuntu

on Selasa, 13 Oktober 2009

Migrasi korps kepolisian Gendarmerie Perancis ke software Open Source telah memangkas anggaran TI dari instansi penegak hukum ini tidak kurang dari 70 persen. Angka tersebut dilontarkan Lieutenant-Colonel Xavier Guimard pada kesempatan presentasi di pertemuan NOiV di Utrecht, Belanda atas suksesnya beralih dari Windows ke Ubuntu.

Menurut Guimard, porsi penghematan terbesar adalah biaya lisensi yang kini telah menjadi legenda. Sampai dengan tahun 2004, kepolisian Perancis harus membeli sekitar 12.000 sampai dengan 15.000 lisensi baru. Pada tahun 2005 tertinggal hanya 27 lisensi yang harus dibayar. Sejak 2007 kebutuhan untuk pengadaan lisensi sekitar 200. "Setiap permintaan desktop baru, selalu disiapkan komputer dengan Ubuntu tertanam, dan telah menjadi tantangan bagi pengguna untuk migrasi," tutur Guimard. Berdasarkan estimasi yang dibuatnya, Gendarmerie telah melakukan penghematan untuk lisensi Office saja sejak 2004 lebih dari 50 juta Euro (atau sekitar 750 milyar rupiah).

Gendarmen memutuskan pada tahun 2002 untuk beralih dengan menerapkan kebijakan untuk penggunaan Open Standard secara konskuen di bidang TI. Ketika itu, korps kepolisian yang terdiri dari 105.000 anggota, menggunakan sistem TI dengan teknologi terbelakang yang sulit dipelihara dan tidak tersambung dengan instansi terkait.

Di tahun 2004 diputuskan untuk migrasi ke Open Source, dimulai dari divisi pembukuan. "Microsoft yang menawarkan dan meminta agar membeli lisensi baru menegur staf bagian pembukuan yang saat itu baru mencoba OpenOffice," kilah Guimard. Namun ketika pimpinan (General Manager) mengetahui bahwa OpenOffice ternyata bisa digunakan dengan baik untuk kebutuhan mereka dan ternyata ia juga bebas biaya lisensi, kontan diputuskan untuk menanamkannya di semua 90.000 komputer yang ada saat itu" ungkap Guimard lebih lanjut.

Menurut Guimard, Gendarmerie telah menyadari sejak tahun 2002 bahwa OSS dengan standar terbuka, didukung lebih baik ketimbang software proprietari, dimulai dari penggunaan server IMAP yang terpusat kemudian Mozilla Thunderbird. Semua aplikasi yang dibuat dengan akses web bisa digunakan dengan baik menggunakan Firefox.


Pada tahun 2007 barulah diputuskan untuk mengganti Sistem Operasi yang masih tertinggal menggunakan Windows. "Peralihan dari Windows XP ke Vista tidak menjanjikan keuntungan bagi Gendarmerie dan membutuhkan pelatihan untuk pengguna. Peralihan dari XP ke Ubuntu ternyata sangat mudah, dua perbedaan besar adalah ikon dan games. Aplikasi games tidak mendapat prioritas untuk kami," kata Guimard.


Sumber http://www.gudanglinux.info/info/open-source/52-pemerintahan/225-polisi-perancis-hemat-50-juta-euro-berkat-ubuntu.html


Ranking: 5
Comments
2 Comments
 
© Geazzy Corner All Rights Reserved